CARUT-MARUT MALAM TAHUN BARU

on Kamis, 01 Januari 2009


CARUT-MARUT MALAM TAHUN BARU

By. M. Supriyadi

Mahasiswa IAIN Sunan Ampel Surabaya

Pergantian tahun selalu menjadi ajang festifal kembang api dan konfoi sepeda motor. Para pemuda berkelompok-kelompok guna memeriyahkan pergantian tahun dengan sang kekasih sambil naik sepeda motor. Bunyi sepeda motor dengan kenalpot blong-blongan menghiasi jalan-jalan kota.

Budaya seperti itu sulit dihilangkan karena sudah mendarah daging ironisnya lagi semua itu hanya didasari kesenangan belaka. Tugu pahlawan dan taman bungkul menjadi obyek mangkal anak-anak remaja karena letaknya yang sangat setrategis pada jatung kota surabaya.

Ogal-ogalan adalah perbuatan setan yang terkutuk apalagi semua itu butuh biaya yang besar. Kalau sudah seperti itu tidak bisa lari dari yang namanya sombong dan berlebih-lebihan diterangkan pada firman Allah swt:

قُلْ يَا أَهْلَ الْكِتَابِ لا تَغْلُوا فِي دِينِكُمْ غَيْرَ الْحَقِّ وَلا تَتَّبِعُوا أَهْوَاءَ قَوْمٍ قَدْ ضَلُّوا مِنْ قَبْلُ وَأَضَلُّوا كَثِيرًا وَضَلُّوا عَنْ سَوَاءِ السَّبِيلِ (77)

77. Katakanlah: "Hai Ahli Kitab, janganlah kamu berlebih-lebihan (melampaui batas) dengan cara tidak benar dalam agamamu. Dan janganlah kamu mengikuti hawa nafsu orang-orang yang telah sesat dahulunya (sebelum kedatangan Muhammad) dan mereka telah menyesatkan kebanyakan (manusia), dan mereka tersesat dari jalan yang lurus".(Q.S: Al. Maidah 77)

لِكَيْ لا تَأْسَوْا عَلَى مَا فَاتَكُمْ وَلا تَفْرَحُوا بِمَا آتَاكُمْ وَاللَّهُ لا يُحِبُّ كُلَّ مُخْتَالٍ فَخُورٍ (23)

23. (Kami jelaskan yang demikian itu) supaya kamu jangan berduka cita terhadap apa yang luput dari kamu, dan supaya kamu jangan terlalu gembira[1459] terhadap apa yang diberikan-Nya kepadamu. Dan Allah tidak menyukai setiap orang yang sombong lagi membanggakan diri,(Q.S: Al. Hadid23)

Dari penjelasan ayat diatas bahwa berlebih-lebihan dan sombong itu hanya akan membawa mala petaka pada diri kita sendiri.

Hiasilah malam tahun baru dengan berpikir dan merenung apa yang perbuat pada tahun yan lalu dan apa yang bisa kita lakukan pada tahu yang akan datang,’bisakah saya menjadi insan yang lebih baik dari pada tahun sebelumnya?,”itu menjadi pertanyaan yang sangat penting sekali pada diri kita.

“koreksilah amal perbuatanmu sebelum mengoreksi amal perbuatan orang lain”

Kita diberi rahmat Allah merayakan tahun baru dengan keadaan negara yang aman dan tenteram. Bagaimana kalau negara kita seperti negara palestina pada malam baru diperingati dengan tangisan air mata dan genjatan senjata dari pasukan israel,pasti kita akan mengalami kesedihan yang mendalam.

Dan kamu semua dijadikan menjadi hamba yang berpikir.

Berpikirlah.......

Berpikirlah.......

Berpikirlah.......

Apa Yang Bisa Saya Perbuat


0 komentar:

Posting Komentar